7 REKOMENDASI KULINER LEGENDARIS ASAL SURABAYA: NOMER 6 DAN 7 WAJIB JADI OLEH-OLEH



Siapa yang nggak kenal Kota Surabaya? Selain menjadi ibukota dari provinsi Jawa Timur,  kota memiliki populasi penduduk sekitar 3 juta orang ini. Makanya nggak heran kalau Surabaya mengklaim dirinya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta di Indonesia.

Selain terkenal akan kepadatan penduduknya, kota Surabaya juga dikenal sebagai  sebagai Kota Pahlawan berkat aksi-aksi heroik arek-arek Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bahkan, beberapa peninggalan sisa perjuangan arek-arek Surabaya dan bangunan-bangunan bersejarah di sana juga masih terawat dengan baik.  

Nah, selain bangunan-bangunan sejarah yang masih terawat dengan baik, kalian tahu nggak kalau Surabaya juga punya banyak kuliner legendaris yang udah berdiri bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia dan semua menu otentiknya masih bisa kita cicipin hari ini. Apa aja? Berikut adalah 7 kuliner legendaris yang wajib dicoba kalau kalian lagi mampir ke Kota Surabaya:


1. SEGO SAMBEL MAK YEYE (Sejak 1982)


Untuk kalian para pecinta pedas dan lagi nyari warung makan di sekitaran Kota Surabaya yang masih bukan sampai dini hari, Sego Sambel Mak Yeye adalah pilihan yang tepat. Buka dari jam 10 malam sampai 4 pagi, warung makan ini menyajikan nasi dengan berbagai macam lauk yang bisa kalian pilih sendiri mulai dari ayam, ikan pe, telor dadar, tempe, tahu yang kemudian disiram dengan sambel tomat. Gak perlu takut merogoh kocek dalam-dalam, karena untuk satu porsi hanya  berkisar belasan hingga dua puluh ribuan tergantung lauk yang kamu pilih. 

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya


2. DEPOT LONTONG BALAP RAJAWALI (Sejak 1956)




Bagi kalian yang belum pernah nyobain lontong balap, dan mau pengalaman pertama yang  menyenangkan,  tempat ini cocok banget. Jujur saya sendiri nggak suka kacang, tahu,dan tauge which is itu unsur-unsur utama di dalem lontong balap harus NGAKUIN kalau racikan lontong balap di sini bener-bener JUARA BANGET! Bahkan, sate kerang sebagai menu pendamping di sini sama sekali nggak amis, nggak alot, malah cenderung gurih dan memperkaya tekstur dari satu suapan lontong balap itu sendiri. Untuk kalian yang masih belum kebayang bentukan kuliner ini kayak apa, untuk satu porsi lontong balap terdiri dari lontong, tauge rebus, tahu goreng, lentho kacang tolo, dan ditaburi bawang goreng plus kecap manis, dan nggak lupa sambel petis dan sate kerang sebagai pelengkap. Satu porsi lontong balap plus 10 tusuk sate dibanderol seharga 30 ribuan. Lontong Balap Rajawali ini buka mulai dari pukul 6 pagi sampai setengah 5 sore.


3. SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH (Sejak 1945)



Untuk kalian para pecinta sate, pasti Kedai Sate Klopo Bu Asih ini bakalan jadi idaman. Gimana eggak, mereka memanjakan para penikmat sate dengan menyajikan berbagai jenis sate. Mulai dari sate daging (ayam atau sapi), sate lemak, sate usus, sate kulit, sampai sate sum-sum. Ciri khas utama sate ini adalah baluran serundeng di tiap sate yang dipanggang menggunakan arang kelapa, dengan bumbu rahasia ditambah bumbu kacang sebagai bumbu pendamping yang pas digigit bener-bener jadi satu kesatuan yang ENAAAAK BANGET. Terbukti, warung ini selalu punya antrian yang panjang mau pagi, siang, sore, apalagi malam.  Untuk harganya sendiri dibaderol mulai dari 17 ribu perporsi tergantung jenis sate yang dipilih.

Alamat: Jl. Walikota Mustajab No. 36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya


4. WARUNG NASI CUMI-CUMI (Sejak 1917)



Warung Nasi Cumi-Cumi atau yang biasa dikenal dengan Nasi Cumi Pasar Atom ini merupakan satu dari sekian warung makan legendaris di Surabaya yang nggak pernah sepi. Walaupun terbilang warung kaki lima pinggir jalan, nasi cumi di sini terbukti berhasil memikat pelanggan dari berbagai lapisan masyarakat. Dengan harga yang bersahabat mulai dari 17 ribuan, warung nasi cumi di sini selalu dipenuhi pelanggan. Bahkan sudah nggak asing lagi sederetan mobil akan terparkir di sepanjang jalan Waspada mulai dari sore terus begitu hingga dini hari. Satu porsi nasi cumi ini terdiri dari nasi, cumi masak tinta hitam yang SUUUUUUPPPPERRRR LEMBUT, sayur tahu pedas, mi goreng, dan diberi keripik peyek sebagai pelengkap. Ohiya, menariknya, nasi cumi di sini buka 24 jam lho.

Alamat: Jl. Waspada No. 2-4 Bongkaran, Pabean Cantian, Bongkaran, Pabean Cantian, Kota Surabaya


5. ES KRIM ZANGRANDI (Sejak 1930-an)


Tutti Frutti

Toko es krim yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an ini menyajikan berbagai menu olahan es krim otentik yang keaslian rasanya masih tetap dipertahankan. Tidak hanya rasa, bahkan dekorasi toko ini hingga meja dan kursinya masih otentik sehingga pelanggan dapat dibawa bernostalgia sembari ditemani es krim yang manis nan menyegarkan. Toko ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Untuk harganya sendiri kita memang perlu merogoh kocek yang cukup dalam mulai dari 30ribuan hingga 100 ribu rupiah. Untuk satu porsi “tutti frutti” misalnya dibanderol seharga 37 ribu rupiah. Tapi, terlepas dari harga yang lumayan, rasa dari Es Krim Zangrandi ini memang enak, higienis, dan menyegarkan tidak seperti es krim kemasan yang biasanya meninggalkan rasa lengket dan gatal ditenggorokan.

Alamat: Jl. Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya


6. Cakue Peneleh (Sejak 1988)



Setelah ngebahas tentang beberapa restoran legendaris yang saya temuin di Surabaya, rasanya beum lengkap kalau saya belum memberi rekomendasi kuliner legendaris asal Kota Surabaya. Salah satunya adalah Cakue Peneleh. Toko ini masih berada di dalam kompleks Pasar Atom di deretan toko-toko kue. Toko ini selalu ramai, bahkan antriannya sampai memanjang ke luar toko. Tidak hanya cakue, toko ini menjual berbagai macam gorengan khas China peranakan dan berbagai jenis kue pasar. Menu andalan di toko ini adalah cakue udang yang terbuat dari adonan cakue pada umumnya namun pada bagian luar dilapisi potongan udang cincang. Pas dicicipin…… ya ampunnnn asli ENAK BANGET! Rasanya gapernah makan cakue seenak ini. Paduan adonan cakue yang gurih, lembut, masih ada potongan udangnya, dan saus pendamping yang agak kental, asam manis sedikit pedas, dan gurih. Ini sih betul-betul oleh-oleh yang WAJIB dicoba. Untuk satu cakue udang ini dibanderol seharga 6ribu rupiah, dan buka mulai dari pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Alamat: Jl. Bunguran No. 45, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya


7. SIROPEN TELASIH (Sejak 1923)




Saya yakin, pasti nggak banyak dari kalian yang tahu toko ini. Padahal, bangunan bersejarah dengan gaya Belanda klasik ini konon merupakan penghasil sirup pertama yang ada di Indonesia.  Hingga kini, toko tersebut masih menjual sirup dengan rasa otentik yang masih dipertahankan. Toko ini menjual sirup dengan berbagai jenis rasa seperti frambozen, raspberry, cocopandan, rose, blueberry, manggis, lychee, strawberry, hingga anggur yang dikemas dengan sangat cantik di sebuah kotak dan terlihat fancy. Mereka menyediakan dua  jenis kemasan yakni botol plastic dan botol kaca. Saya sendiri waktu itu pilih yang botol plastik dengan harga 35 ribu karena takut pecah diperjalanan hehe dengan rasa raspberry. Pas saya coba dirumah jujur untuk orang yang tidak suka sirup saya berani bilang ini enak, tidak lengket di tenggorokan seperti sirup-sirup pada ummunya, dan after taste-nya tidak bikin haus. Pokonya rekomendasi banget deh untuk kalian yang mau beli buah tangan anti-mainstream asal Kota Surabaya.

Alamat: Jl. Mliwis No. 5, Krembangan Selatan, Kec. Krembangan, Kota Surabaya.

Gimana? Menarik semua, kan? Itu dia beberapa kuliner legendaris termasuk oleh-oleh yang wajib di coba kalau kalian lagi mampir ke Kota Surabaya. Jadi, kalau kalau kalian lagi ada kunjungan ke Kota Surabaya, jangan bingung lagi mau makan apa ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hotel Rasa Asrama: My Very First Capsule Hotel Experience

Surabaya Heritage Track: Tour Guide Gratis Kota Pahlawan